Senin, 09 Januari 2017


Tindakan preventif dan kuratif untuk mengatasi penyakit pernapasan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Burung kenari yang terinfeksi penyakit pernapasan segera diisolasi di kandang tersendiri agar tidak menular kepada burung-burung kenari yang lain.
  2. Pasang lampu 15 watt dikandangnya, hal ini berguna untuk menghangatkan suhu dalam kandang yang otomatis bisa menghangatkan badan burung yang sakit tersebut.
  3. Berikan pengobatan dengan obat merk E-Bodre di tetes langsung ke mulutnya 1-2 tetes 2 x sehari (Siang & sore). Berikan selama 3-5 hari berturut-turut. Jika sakitnya belum juga sembuh, pengobatan bisa diulang setelah ada jangka waktu seminggu.
  4. Berikan vitamin merk Ebod Vit pada air minumnya dengan dosis 5-10 tetes dalam 50 ml air.
  5. Berikan pakan bijian berkualitas merk Ebod Canary, karena pakan Ebod Canary terbuat dari bijian pilihan berkualitas super yang juga telah mengandung sayuran dan buah-buahan yang sudah dikeringkan yang sangat dibutuhkan burung kenari, selain itu di dalamnya sudah terkandung serbuk buah pala yang bisa menghangatkan suhu burung dan serbuk kembang lawang yang bisa membuat saluran tenggorokan dan juga saluran pernapasannya terasa semriwing.
  6. Stop pemberian sayuran yang mengandung banyak air (Sawi putih, mentimun dll)
  7. Pemberian EF hewani berupa telur rebus atau BIO-EGG egg food harus selalu tersedia di dalam kandang.
  8. Berikan Grit untuk membantu memperlancar proses pencernaan dan juga untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan yodium yang dibutuhkan burung.
  9. Selama burung belum sembuh, mandi dan penjemuran tidak usah dilakukan.
  10. Kandang, tempat makan, tempat minum, dan kerodong selalu dikontrol dan semua kotoran yang terdapat di dalam sangkar ataupun di dalam wadah makanan/minuman selalu dibersihkan dan untuk membersihkannya minimal 1 minggu sekali kita bisa mencucinya dengan mencucinya dengan air yang telah dicampur 3 tutup botol shampoo JATI JAJAR yang mampuh membunuh kutu, kuman / bakteri karena di dalam shampoo JATI JAJAR sudah terkandung Desinfektan.
  11. Makanan yang akan diberikan dicuci bersih dan dikeringkan untuk menghilangkan kemungkinan adanya residu pestisida pertanian yang membahayakan kesehatan burung.
  12. Minuman yang kotor segera diganti dengan air yang bersih, segar, sehat, dan tidak mengandung bahan-bahan beracun yang membahayakan kesehatan burung. Air untuk minum sebaiknya direbus terlebih dahulu hingga mendidih untuk membunuh semua jenis bibit penyakit yang terdapat di dalamnya. 

0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Sample Text

Diberdayakan oleh Blogger.

Beauty

Kontributor

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Fashion

Technology

Fashion

Translate

Breaking News

Follow us

Pages

Travel

Most Trending

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget