Senin, 16 Januari 2017


Cara Mudah Budidaya Kelinci Anggora – Kelinci jenis anggora adalah salah satu jenis kelinci yang paling terkenal dan bisa di katakan jika kelinci ini sudah banyak orang yang mengetahui.Ciri khas kelinci anggora adalah pada bulu yang tebal,indah,tebal dan sangat panjang,sangat tepat jika di jadikan kelinci hias unggulan..
   Selain itu,harga kelinci anggora di pasaran juga tergolong sangat mahal.untuk per satu pasang kelinci anggora di harga 100-500 ribu rupiah,Harga yang di tawarkan juga di tentukan dari jenis serta kualitas kelinci tersebut,semakin indah dan unik bulu pada kelinci anggora,maka harga jual juga semakin tinggi.begitu juga sebaliknya..
Advertisement
   Nah,untuk tata cara budidaya atau ternak kelinci anggora juga tergolong tidak terlalu sulit jika kita sudah menguasai ilmu serta caranya,akan tetapi,bagi anda sebagai pemula yang ingin terjun sebagai budidaya kelinci,mungkin di perlukan beberapa pengetahuan dasar supaya budidaya yang anda jalani bisa sesuai harapan,yaitu mampu beranak pinak dengan cepat dan terhindar dari segala serangan jenis penyakit..
   Binatang kelinci tergolong binatang sangat sensitif,hanya dengan kaget dan trauma saja,bisa menyebabkan kelinci mati.apalagi jika kita salah dalam tata cara penanganan serta jenis pakan yang kita berikan,mungkin untuk anda sebagai pemula akan merasa kesulitan jika belum mengetahui seluk-beluk dalam budidaya kelinci jenis anggora yang konon berasal dari inggris ini dan juga banyak orang mengatakan berasal dari jerman.
   Entah mana yang benar asal-usul kelinci anggora tidak terlalu penting,yang terpenting di sini bagaimana cara benar untuk budidaya kelinci anggora supaya dapat di hasilkan anakan yang lebih berkualitas unggulan untuk di jadikan bisnis yang cukup berprospek ini..

Cara Mudah Budidaya Kelinci Anggora

    Hal pertama yang pertama yang harus anda lakukan sebelum budidaya ternak kelinci anggora adalah pemilihan bibit unggul,sehat dan tanpa cacat untuk di jadikan indukan.sebab indukan kelinci anggora juga akan ikut menentukan kualitas anakan yang di hasilkan.semakin bagus induk yang di gunakan,maka hasil akhir yang di dapat juga akan sepadan dengan sang induk.begitu juga sebaliknya..
   Kelinci yang sehat memiliki ciri dan tanda yang bisa kita lihat dari bentuk badan serta ciri fisiknya.selain itu,kelinci anggora sehat juga akan lebuh tahan terhadap segala serangan penyakit yang kapan saja bisa menyerang sang kelinci. 

Ciri Mata,Hidung Dan mulut.

    Kelinci sehat bisa kita lihat dari bentuk mata,hidung dan mulut jika kita lihat mata kelinci tersebut tampak bersinar cerah dan pada bagian selaput mata bersih tidak ada kotoran yang tersangkut.jangan pilih kelinci anggora yang memiliki mata lengket,berair dan basah itu menandakan jika kelinci dalam keadaan sakit.
Selain mata,hidung dan mulut kelinci sehat di tandai dengan bersih,kering.jangan pilih induk kelinci yang kotor dan berair bisa kemungkinan jika kelinci dalam keadaan sakit bisa saka sedang flu atau pilek dan jenis penyakit kulit yang biasa menyerang pada bagian hidung kelinci anggora.

Bagian Punggung,Kaki Dan Ekor.

    Kelinci sehat di tandai dengan bagian punggung tanpa berisi dan tidak terlalu lurus,jika kita raba maka tanpa kenyal dan enak untuk di pegang serta tulang di bagian punggung kelinci juga tidak terasa saat kita raba. 

Kandang Untuk Budaya kelinci anggora

     Kelinci jenis anggora lebih menyukai lokasi atau tempat yang dingin dan kering.maka untuk memulai budidaya ternak kelinci anggora,pemilihan tempat sesuai habitat kelinci di alam liar harus kita tarapkan.hal ini supaya kelinci mampu berkembang biak secara cepat dan terjauh dari serangan berbagai jenis penyakit. 

Pakan untuk kelinci Anggora.

   Untuk pakan sendiri,juga harus kita sesuaikan dengan habitat alam kelinci anggora ini.untuk di indonesia,pakan utama bisa dari rumput segar dan jenis sayuran.Namun bisa juga di berikan pakan tambahan lain,misal konsentrat,pakan pelet jika da lebih modal dan pakan dari biji-bijian kusus untuk indukan yang akan sedang hamil dan masa menyusui.
Makanan berupa biji mampu membuat air susu kelinci keluar sangat deras,dan pakan jenis harus anda berikan saat indukan sedang hamil sampai anak kelinci siap untuk kita sapih.pakan tambahan lain bisa berupa pelet yang banyak di jual di toko unggas yang mana jenis pakan ini lebih memiliki banyak kandungan gizi lengkap yang tidak di temui pada jenis pakan lainnya.bisa kita berikan hanya sebagai pakan tambahan saja,misal 3-5 hari sekali. 

Pengendalian Hama Dan Penyakit

     Penyakit yang menyerang pada kelinci anggora lebih banyak di sebabkan akibat lingkungan kandang sekitar yang kurang terjaga kebersihanya dan dari cuca,Inilah salah satu faktor yang paling penting dan patut di perhatikan jika sedang menekuni budidaya jenis kelinci apa saja termasuk anggora.Cara Mudah Budidaya Kelinci Anggora
Akan lebih agus jika kita melakukan pencegahan dari pada mengobati kelinci sakit.selain sulit untuk di sembuhkan,sakit pada kelinci juga akan membutuhkan waktu cukup lama untuk kita sembuhkan.beberapa jenis serta ciri penyakit berikut yang kerap menyerang kelinci jenis apa saja termasuk anggora

0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Sample Text

Diberdayakan oleh Blogger.

Beauty

Kontributor

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Fashion

Technology

Fashion

Translate

Breaking News

Follow us

Pages

Travel

Most Trending

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget