Senin, 23 Januari 2017


Memiliki anjing adalah sebuah kebanggaan bagi setiap orang yang memilikinya. Tidak diragukan lagi, karena anjing adalah hewan peliharaan yang sangat menarik, lucu, cerdas, dan salah satu hewan peliharaan yang di gemari di dunia. Saat ini sangat banyak sekali jenis anjing dari bermacam-macam ras yang sangat diminati untuk dijadikan hewan peliharaan.

Perawatan anjing terbaik
  
      Latih anjing baru anda untuk berbagai hal

     Ketika anjing baru anda tiba dirumah, anda harus biasakan untuk melatih anjing anda. Karena pada dasarnya anjing tidaklah lahir dalam keadaan terlatih. Jika anda rutin melakukan kegiatan ini maka dia akan melihat anda sebagai pelatih dan juga sahabat terdekatnya.

Umumnya ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk melatih anjing baru/anakan anjing seperti salah satu contohnya : melatihnya untuk buang air besar ataupun air kecil di luar rumah. Selebihnya anda juga bisa melatih anakan anjing anda untuk membuang kotoran di litter box yang berisi pasir khusus untuk kotoran hewan. Dalam melakukan pelatihan ini, tidaklah cukup sulit.Peran anda sebagai pelatih hanya cukup memberikan petunjuk ke anjing anda ketika dia ingin membuang fasesnya ataupun air seninya. Lakukan kegiatan ini pada anjing anda yang berusia dini sehingga nanti jika mereka dewasa akan sangat terbiasa untuk melakukannya.

Berikan makanan yang mengandung nutrisi secara lengkap 

      Untuk merawat anjing pastinya kita wajib memberikan makanan dengan nutrisi yang lengkap. Karena ini penting dan sangat berfungsi untuk pertumbuhannya yang sempurna.Dalam kandungan makanan dengan nutrisi yang lengkap umumnya bisa dikategorikan seperti protein, lemak, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang tepat.Selain dari itu anakan anjing juga harus diberikan makanan dalam bentuk konsentrat agar dia dapat menerima semua gizi yang diperlukan tanpa memberatkan sistem pencernaannya. Saat ini untuk mencari kebutuhan dalam memberi makan anjing tidaklah cukup sulit.

Umumnya ada dua jenis makanan anjing cukup baik seperti Dogfood kemasan maupun makanan buatan sendiri. Pada dogfood kemasan biasanya anda bisa menentukan nutrisi yang tepat untuk anjing anda, begitupun dalam membuat makanan anjing buatan sendiri anda akan lebih gampang untuk menentukan apa saja nutrisinya.

Grooming anjing anda pada waktu yang tepat

      Hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah untuk menggrooming anakan anjing anda dari usia dini. Karena jika kegiatan ini sering dilakukan saat anjing masih kecil maka ketika anjing anda dewasa mereka akan terbiasa dengan hal ini. Selain dari itu anda juga harus perhatikan dengan shampo apa saja untuk menggroming anjing anda.Umumnya shampo yang baik untuk memandikan anjing adalah shampo yang memiliki PH yang seimbang, sekitar 7. Di tambah lagi anda juga harus hindari shampo yang menggunakan bahan pewangi dan pewarna sintetis, karena bahan tersebut bisa menyebabkan iritasi pada kulit anjing anda. Oleh sebab itu sebaiknya gunakan shampo yang diformulasikan khusus anjing, biasanya shampo ini tersedia di berbagai toko hewan dekat rumah anda.

Perawatan bulu yang di anjurkan

        Hal ini juga sangat diperlukan untuk merawat anjing kesayangan anda. karena bulu anjing merupakan mahkota kecantikannya bagi anjing yang memiliki bulu panjang. Oleh karena itu anda harus tahui cara merawat bulu anjing dengan benar. Pada tahap-tahap perawatan anjing setelah grooming, anda juga harus tau cara merawat bulunya dan apa penyebab kerontokan pada bulunya.Biasanya setelah anjing digrooming anda diwajibkan untuk selalu menyisirnya secara rutin, agar bulu anjing tersebut tetap terlihat cantik dan juga dapat mengurangi faktor kerontokan pada bulu anjing anda. Selain itu penyebab anjing mengalami kerontokan biasanya anjing tersebut memiliki masalah pada pola perawatan dan ke tidak cocokan pada makanannya. Ditambah lagi ada faktor-faktor lain seperti kurangnya vitamin dan juga alergi pada dirinya itulah penyebab bulu anjing sering rontok.

Nah untuk anda yang tidak ingin bulu anjing anda mengalami hal buruk seperti ini, sebaiknya berikan mereka pola makanan yang tepat dan juga seimbang. Maka dari itu pililah makanan dengan nutrisi yang sempurna untuk anjing anda. Namun jika anjing anda mengalami kerontokan yang tidak diketahui penyebabnya, sebaiknya bawa anjing anda ke dokter hewan terdekat rumah anda.

Sikat gigi anjing anda secara rutin

      Menyikat gigi anjing umumnya sama pentingnya seperti menyikat gigi anda sendiri. Karena dampak buruk jika anjing anda tidak disikat giginya, maka akan menyebabkan masalah-masalah seperti bau nafas yang tak sedap, plak gigi, karang gigi, masalah gusi, bahkan bisa menyebabkan masalah pencernaan dan sakit jantung.Maka dari itu anda harus biasakan menyikat gigi anjing anda dengan menggunakan pasta gigi dan sikat gigi khusus untuk anjing kesayangan anda, karena jika menggunakan pasta gigi manusia akan memberikan dampak negatif untuk kesehatan anjing tersebut.

Bersihkan telinga anjing kesayangan anda
     Seperti halnya manusia, telinga anjing juga tidak boleh sampai kotor. Karena jika hal ini dibiarkan akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan anjing anda.Oleh sebab itu bersihkan telinga anjing anda dengan menggunakan kapas yang di basahi dengan lotion khusus anjing yang di sediakan di toko hewanLakukan kegiatan ini secara rutin seminggu sekali agar dapat mencegah berbagai bakteri dan jamur yang akan menyerang telinga anjing anda.

Potong kuku anjing anda
      Seperti halnya manusia, kuku pada anjing juga akan terus berkembang. Pada dasarnya untuk kuku anjing liar yang bukan merupakan anjing peliharaan secara umum kukunya akan terkikis dengan sendirinya, di karenakan mereka sering berjalan di trotoar, aspal dan batu-batuan. Namun untuk anjing rumahan atau peliharaan, pastinya tidaklah seperti anjing liar. Anjing rumahan biasanya akan membiarkan kukunya hingga panjang sekalipun.

Nah oleh karena itu untuk anda yang memelihara anjing rumahan, sebaiknya potong kuku anjing anda jika kukunya terlihat agak panjang. Fungsi pada memotong kuku anjing adalah agar menangkal bakteri (kotoran) yang pada umumnya sering menempel pada kuku anjing tersebut. Nah untuk bagaimana cara memotong kuku anjing, anda bisa gunakan alat potong khusus untuk kuku anjing yang tersedia di berbagai toko hewan.

Ajak anjing anda untuk bermain dan olahraga
      Dalam merawat anjing, olahraga juga sangat diperlukan. Karena hal ini bisa membantu bentuk kesehatan pada anjing tersebut. selain dari itu olahraga pada anjing juga akan membantu fungsi jantung yang sehat pada dirinya. Umumnya olahraga pada anjing bisa disetarakan dengan mengajaknya beraktifitas seperti jalan-jalan keluar rumah dan mengajaknya bermain dihalaman dengan mainan khusus anjing yang tersedia di toko hewan.

Cek kesehatan anjing anda pada dokter hewan secara teratur
      Sebelum anda memiliki anakan anjing Idealnya anda sudah memiliki calon dokter hewan yang akan menjadi langganan anda. Lalu ketika anakan anjing anda tiba dirumah, bawa dia segera ke dokter hewan untuk mengecek kesehatannya secara menyeluruh.

Minta dokter hewan untuk membuatkan jadwal kesehatan untuknya dan jangan lupa untuk membuat suasana yang menyenangkan, agar saat anda mengajak anjing anda ke dokter hewan dia akan merasa lebih nyaman tanpa ada ketakutan.

Lakukan vaksinasi untuk menjaga kesehatan anjing anda
    Vaksinasi adalah kegiatan yang sangat diperlukan dalam merawat anjing. Fungsi pada vaksinasi merupakan untuk merangsang bentuk kekebalan tubuh agar tahan terhadap berbagai penyakit yang akan menyerang anjing anda. Contohnya dapat menangkal jenis penyakit berbahaya seperti Rabies, Flue, dan penyakit lainnya.

Dengan adanya vaksinasi, penyakit-penyakit tersebut umunya bisa dicegah sedemikian rupa. Sebaiknya ketika anda baru memiliki anjing, langsung vaksin anjing anda segera ke dokter hewan dan jangan lupa untuk menanyakan jadwal yang tepat untuk setiap kali memberikan vaksin secara rutin.

Berikan pujian jika anjing anda melakukan hal yang baik dan benar
     Pada tahap terakhir ini sangat penting. Pada umumnya anjing adalah hewan peliharaan yang memiiki kecerdasaan sangat baik di bandingkan jenis hewan peliharaan lainnya. Maka karena itu anda harus menjadikan anjing peliharaan anda sebagai anggota dari keluarga anda. Jika anjing anda berbuat hal-hal yang benar dan menyenangkan anda, sebaiknya berikan kata-kata pujian untuk dia.

Namun Jika dia melakukan kesalahan atau membuat anda marah, maka anda harus bertindak tegas untuk memberikan teguran pada saat itu juga, Makna dari kata teguran adalah agar anjing anda dapat membedakan mana yang membuat anda senang dan mana yang dapat membuat anda marah. Walau demikian pada dasarnya anjing selalu ingin melakukan hal-hal yang menyenangkan bagi sahabat manusianya.

              Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk dog lovers semua.

0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Sample Text

Diberdayakan oleh Blogger.

Beauty

Kontributor

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Fashion

Technology

Fashion

Translate

Breaking News

Follow us

Pages

Travel

Most Trending

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget